YAYASAN TARAKANITA PUSAT

Jl. Salemba Tengah No. 23 Paseban Senen Jakarta Pusat - DKI Jakarta, Indonesia Telepon: +62 21 3908836

TARAKANITA DEVELOPMENT CENTER

Jl. Salemba Tengah No. 23 Paseban Senen Jakarta Pusat - DKI Jakarta, Indonesia Telepon: +62 21 3908836

 TARAKANITA JAKARTA

Unit

YAYASAN TARAKANITA PUSAT

Jl. Salemba Tengah No. 23 Paseban Senen Jakarta Pusat - DKI Jakarta, Indonesia Telepon: +62 21 3908836

TARAKANITA DEVELOPMENT CENTER

Jl. Salemba Tengah No. 23 Paseban Senen Jakarta Pusat - DKI Jakarta, Indonesia Telepon: +62 21 3908836

 

Tarakanita "Save Our Ciliwung"


Membangun budaya cinta lingkungan di tengah-tengah situasi bumi yang makin memprihatinkan merupakan gerakan bersama dan terus-menerus sekolah-sekolah Tarakanita. Sekolah menjadi salah satu tempat strategis bagi peserta didik maupun seluruh civitas untuk mengenal, mencintai, dan melaksanakan gerakan peduli lingkungan sampai pada taraf kebiasaan/habitus yang berpihak pada keutuhan ciptaan. Dalam konteks itu, sekaligus memperingati Hari Bumi, Yayasan Tarakanita Wilayah Jakarta kembali mengadakan kegiatan penanaman pohon yang dilaksanakan di bantaran Kali Ciliwung-Condet, 22/4/14.

Kegiatan yang bertemakan “Satu Hati Satu Semangat, Ciliwung Lestari” merupakan bentuk kepedulian dan kecintaan terhadap lingkungan hidup secara umum dan daerah Jakarta secara khusus. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 08.00-14.00 bekerjasama dengan Komunitas Ciliwung Condet (KCC). Selain penanaman pohon, peserta didik juga untuk melakukan kegiatan susur kampung dan observasi sungai sambil memungut sampah dan menempatkannya pada tempat pembuangan. Kegiatan ini sendiri diikuti oleh 300an peserta yang terdiri dari perwakilan peserta didik jenjang SD, SMP, dan SMA/K serta Guru dan Karyawan di Jakarta.

Kegiatan penanaman pohon ini menjadi bagian dari kegiatan bernuansa cinta lingkungan setelah sejak tahun 2006 terlibat dalam penanaman pohon lindung di LIPI Cibinong, penanaman pohon produksi di Kelurahan Kronjo, dan penanaman mangrove di Pulau Cangkir Tangerang. Penanaman pohon dipilih sebagai salah satu kegiatan karena mewujudkan kesadaran akan lingkungan hidup yang sehat, terutama pada keberlangsungan dan kelestariannya. Kebutuhan makhluk hidup akan udara yang sehat dan bersih menuntut kita untuk selalu aktif dalam rangka pelestarian lingkungan. Satu pohon memiliki sejuta manfaat bagi kelangsungan hidup berbagai makhluk hidup.

Pohon merupakan salah satu mahluk hidup yang dapat menyelamatkan bumi kita dari pemanasan global. Pohon mempunyai banyak manfaat yang dihasilkan, menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen sebagai udara untuk kita bernafas. Sangatlah penting untuk kita menanam pohon dan sekaligus kita ikut berpartisipasi dalam menyelamatkan lingkungan dan bumi kita ini, langkah kecil tetapi berpengaruh besar untuk keberlangsungan hidup.

Program Kerja Yayasan Tarakanita tahun ajaran 2013/2014 mengamanatkan agar semua sekolah melaksanakan kegiatan berdasarkan perspektif environment yang mempunyai 2 tujuan strategis yaitu pengimplementasian budaya hidup KPKC (Keadilan, Perdamaian, dan Keutuhan Ciptaan), serta peningkatan kinerja pemberdayaan masyarakat. Dalam rangka memperingati  Hari Bumi dan mengembangkan budaya kritis serta peka terhadap lingkungan demi pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia, Yayasan Tarakanita mengadakan kegiatan dalam bentuk penanaman pohon bagi peserta didik Tarakanita.

Kegiatan “Save Our Ciliwung” menjadi alternatif pembelajaran nilai compassion (belarasa) terhadap lingkungan alam bagi para peserta didik sekolah-sekolah Tarakanita di Jakarta, terlebih dalam kaitannya dengan implementasi Pendidikan Karakter dan KPKC. Para peserta didik akan bersama-sama melakukan penanaman pohon di pinggiran Kali Ciliwung sebagai bentuk rasa memiliki dan bertanggungjawab terhadap keberadaan kali dan juga kota Jakarta. Kegiatan ini diharapkan menjadi inspirasi bagi masyarakat dalam menciptakan pengelolaan terhadap sungai dengan lebih arif dan bijaksana. *ASK

BERITA LAINNYA: